Kamera Pengawas Berbasis Open Source

Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo Jakarta tahun 2005. Buku ini merupakan hasil karya penulis yang ke-3. Kedua buku sebelumnya diterbitkan oleh Andi Offset Publisher Yogyakarta.

Buku ini membahas tentang konsep dasar, perancangan serta implementasi sistem kamera pengawas berbasis open source yang diterapkan pada jaringan komputer. Pemilihan sistem operasi dan perangkat lunak yang bersifat open source dimaksudkan untuk kemudahan serta tidak adanya benturan mengenai hak cipta dari penggunaan software.

Adapun software yang digunakan untuk aplikasi ini adalah camserv dan motion. kedua software ini dapat di-download secara gratis di internet. Camserv digunakan untuk streaming video sedangkan motion digunakan untuk menangkap video dan gambar saat terjadi gerakan pada objek.

Selain itu, sistem dilengkapi dengan motor stepper sebagai penggerak kamera web sehingga sudut pandang yang dapat dijangkau oleh kamera lebih luas. Beberapa kebutuhan dasar yang diperlukan untuk membangun aplikasi ini antara lain: kamera web, motor stepper, ULN2003, dioda zener, socket, header, PCB matriks, kabel printer, serta konektor DB25. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C, CGI, PHP dan MySQL sebagai database sistem.

Jika tertarik untuk menerbitkan buku di Elex Media Komputindo Jakarta, silahkan merujuk ke format standar dan aturan kepenulisan ini. Sedangkan untuk penerbitan buku di Andi Publisher Jogyakarta dapat merujuk ke halaman website ini.

Tidak tersedia untuk pemesanan e-book dan versi cetak.

Debian GNU/Linux

Membahas tentang Debian Squeeze yang merupakan rilis stabil terbaru. Pembahasan materi tidak berkutat di command line saja karena dapat membuat frustasi bagi pemula (newbie). Penulis mengombinasikan antara GUI dan command line agar pembaca tidak jenuh dengan layar hitam yang sangat identik dengan sistem operasi Unix dan variannya. Informasi detail tentang buku ini bisa diakses melalui link ini.

Semoga kehadiran buku ini dapat menjadi referensi bagi pengguna Debian GNU/Linux atau Ubuntu.

Tidak tersedia untuk pemesanan e-book dan versi cetak.

Bahasa Pemrograman Perl

cover-buku-Perl-200x300

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Informatika Bandung Juli 2013. Pembahasan di dalam buku ini tentu saja tentang konsep dasar dari bahasa pemrograman Perl serta contoh-contoh aplikasi yang penulis pernah buat dan mungkin saja dapat menginspirasi Anda dalam menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Sebagaimana latar belakang saya di bidang telekomunikasi maka contoh-contoh kasus akan lebih banyak berhubungan dengan permasalahan pekerjaan kontar saya dan telah dimodifikasi sebagian besar untuk menghindari benturan ke perusahaan tempat penulis bekerja saat ini.

Selain itu, buku ini juga dapat dijadikan sebagai referensi bagi seorang sistem administrator jaringan, DBA administrator serta orang-orang yang bergelut di dunia statistik.

Tidak tersedia untuk pemesanan e-book dan versi cetak.

Bahasa Pemrograman Perl – Edisi Revisi oleh Penerbit Kawananu

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Kawananu Bandung sebagai edisi revisi dari buku Perl sebelumnya. Terdapat banyak penambahan materi yang penulis anggap penting terutama tentang regex. Selain itu, gambar-gambar tentang penjelasan kode program di-design ulang dengan menggunakan libreOffice.

Penulisan buku ini menggunakan LaTeX untuk menjaga konsistensi tulisan. Selamat belajar bahasa pemrograman Perl.

Versi e-book bahasa pemrograman Perl ini dapat dipesan dengan harga Rp. 100.000 ke alamat rekening penulis:

Atn. Askari Azikin

Bank CIMB Niaga Cab. Bandung Dago

No. Rekening 026-01-0799-8110

Bukti transfer dapat dikirim via whatsapp +6581716976 dengan menyertakan alamat email untuk pengiriman e-book.

Virtualisasi dengan Xen Project: Konsep dan Implementasinya

Buku ini membahas tentang bagaimana instalasi sistem operasi di atas Xen project. Di dalam buku ini dibahas tentang instalasi Xen kemudian instalasi Debian Stretch (9) dan CentOS 7 sebagai dom0 (guest). Virtualisasi ini bisa digunakan untuk membangun ekosistem hadoop (big data) yang membutuhkan banyak mesin server. Dengan virtualisasi maka cukup memiliki beberapa server secara fisik selebihnya dibangun di atas mesin virtual sehingga lebih terjangkau untuk belajar/ngoprek tentang big data.

Versi e-book buku ini dapat dipesan dengan harga Rp. 70.000 ke alamat rekening penulis:

Atn. Askari Azikin

Bank CIMB Niaga Cab. Bandung Dago

No. Rekening 026-01-0799-8110

Bukti transfer dapat dikirim via whatsapp +6581716976 atau e-mail ke kari@kawananu.com dengan menyertakan alamat email untuk pengiriman e-book.