Evolusi Jam Tangan Dari Tahun ke Tahun

Tahun 2006 saya menggunakan jam tangan merek casio (favorit) yang saya beli di Makassar dan masih terus dipakai hingga saat ini. Yang sering diganti hanya baterai dan tali jam saja. Berarti sudah 12 tahun menggunakan jam ini. Harganya kalau tidak salah waktu itu sekitar Rp. 275.000.

Berikutnya, jam merek Q&Q dibeli di Bandung sekitar tahun 2013 dengan harga Rp. 250.000 yang saya pakai kurang lebih 2 tahun hingga baterai jamnya mati.

Jam tangan ketiga adalah merek Swatch yang saya beli tahun 2014 di Pondok Indah Mall (PIM) dengan harga Rp. 1.300.000 dan bertahan sekitar 3 tahun sampai talinya rusak. Masalahnya adalah toko Swatch tidak menyediakan tali original sehingga tidak bisa mendapatkan jenis tali jam yang sama dengan aslinya walaupun jamnya sendiri masih bagus.

Jam berikutnya merek Mondaine yang saya beli di Singapura lewat online di https://www.chrono24.com dan barangnya dikirim dari Jerman di awal tahun 2018 ini dengan harga USD $270.

Jika saya perhatikan ternyata setiap pergantian jam dari tahun ke tahun, harga jamnya semakin mahal mengikuti kurva berikut kecuali jam tangan kedua merek Q&Q. Jika saya ukur-ukur saya masih termasuk yang mengikuti kurva warna biru. Dalam arti kata walaupun harga jam yang saya beli meningkat tapi masih dalam batas yang wajarlah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *