Kebiasaan di Kampung Halaman saat Lebaran Tiba

Sebenarnya photo yang saya upload ini adalah anak saya saat masih usia satu tahun, tepatnya lebaran 1431 H (2010) tahun lalu. Karena yang memotret adalah Fuad (adik sepupu saya) jadi terlupakan. Kemarin dia upload ke facebook-nya dan tag saya. alhasil saya dowload dan ditulis di blog ini.

Setiap tahun ada sebuah kebiasaan keluarga besar kami setelah hari raya Idul Fitri, yakni pada 2-3 hari setelah shalat Id, biasanya kami sekeluarga mengadakan acara makan-makan ikan di pantai yang kebetulan tidak terlalu jauh dari rumah (sekitar 15 menit perjalanan mobil).

Berangkat dari rumah di pagi hari agar sesampai di pantai, para nelayan juga sudah menyandarkan perahu mereka dan kami membeli ikan hasil tangkapan para nelayan untuk kemudian kami bakar di sekitar pantai. Kayu bakar dan arang atau sabuk kelapa memang kita sudah siapkan dari rumah termasuk nasi dan bumbu-bumbu ikan termasuk beberapa piring untuk makan, sisanya kita ambil dari alam seperti daun pisang untuk menyimpan ikan yang telah dibakar.

Lihat saja ekspresi Naya yang telah menghabiskan beberapa potong ikan bakar tanpa nasi. Ini mungkin selalu menjadi kenangan indah tersendiri saat menikmati kebersamaan dengan keluarga, mengingatkan segala memori yang pernah kami lalui dalam kehidupan sebelumnya.