Hari Terakhir di Medan – Babak I

Ya, hari ini hari terakhir di Medan karena besok sudah saatnya untuk pulang sejenak berkumpul dengan keluarga di Bandung. Banyak hal yang harus saya kerjakan di Bandung besok tentunya untuk urusan keluarga. Senin ada rencana untuk ketemu dengan Line Manager (LM) untuk selanjutnya terbang lagi ke Medan melanjutkan pekerjaan yang belum selesai dan masih butuh waktu sampai bulan maret. Cukup panjang dan semoga ini menjadi perkerjaan terakhir untuk keluar kota, let’s see on Monday with the IPM result.

Jika benar adalah perjalanan keluar kota terakhir berarti banyak hal yang harus saya benahi kembali tentang setting target hidup, pekerjaan, sumber penghasilan lain (cee ilah gaya amat). Terus terang pekerjaan saat ini memang menghasilkan uang yang cukup besar untuk tabungan karena SPJ dari kantor di luar overtime tapi saya harus banyak kehilangan masa-masa kecil anak saya dan waktu yang sangat sedikit buat istri dan anak saya. Ini salah satu alasan mengapa harus pindah, ditambah lagi dengan kelelahan saat harus keluar kota dan kerja malam yang tentu sangat tidak baik untuk kesehatan. Orang tua saya sudah sering mewanti-wanti untuk segera pindah karena mereka menganggap pekerjaan saya ini aneh bagi kebanyakan orang. Lebih banyak ngalong, sampai orang tua sendiri sempat bilang “buat apa uang banyak kalau ujung-ujung nya jadi sakit”. Alasan-alasan inilah yang membuat saya harus pindah.

Jika harapan tersebut tercapai berarti banyak hal baru yang bisa saya kerjaan saat berada pada posisi yang baru tersebut. Keliatannya sih cukup menyenangkan karena banyak berhubungan dengan dunia statistik, dan tentu saja ilmu pemrogramannya dapat terus saya pakai untuk pembuatan program yang dapat membantu saya dalam pengolahan data-data statistik. Saya tentu harus mencoba membuka buka lagi buku kalkulus/statistik telekomunikasi tapi tentu ini sangat menyenangkan.

Nah, jika tidak bepergian keluar kota lagi berarti banyak hal yang bisa saya kerjakan sepulang dari kantor terutama untuk terus mendalami GNU/Linux (hehee,.ini wajib hukumnya) dan mendokumentasikannya sehingga bisa melahirkan buku-buku baru untuk menjadi pegangan sendiri dan semoga bisa menjadi bermanfaat buat orang lain dan satu lagi ya bisa sedikit menambah pemasukan (Hehee).

Kiriman buku telah tiba

Selasa kemarin pesanan buku saya sudah sampai di rumah, saatnya untuk mempelajari isi dari setiap bahasan yang ada di dalam buku tersebut. Buku pertama berjudul Mastering Perl/Tk dengan jumlah halaman 746 karangan Steve Lidie & Nancy Walsh. Sebenarnya saya sendiri sudah memiliki versi softcopy dari buku ini tapi karena ingin mengoleksi dalamĀ  bentuk print out maka saya putuskan untuk membeli buku tersebut.

Buku ini tentu saja membahas bagaimana membangun aplikasi GUI dengan menggunakan bahasa pemrograman Perl. Cukup detail pembahasan untuk setiap opsi yang disediakan oleh Perl/Tk.

Buku kedua berjudul Web, Graphics & Perl/Tk dengan jumlah halaman 431 dan isinya merupakan kumpulan dari jurnal Perl dengan editor Jon Orwant. Sesuai dengan judulnya memang tidak spesifik pada pembahasan tertentu saja melainkan pembahasan pada tiga materi yakni tentang Web/apache_perl module, graphics dan Tk.