Perl – IDE

Saya biasa pakai Padre untuk PERL IDE di lingkungan GNU/LINUX atau menggunakan Ultra Edit di Windows.

snapshot1

Camba2LDAP – Mini Program Untuk OpenLDAP

Saya bosan meng-update server OpenLDAP dengan menggunakan GUI seperti luma maupun via website sepertiĀ  LAM terutama untuk menambahkan sebuah user baru karena terlalu banyak yang harus diklik. Dengan mode text sebenarnya lebih cepat terutama untuk penambahan/pengurangan user. Tapi bagi pengguna lain ada juga yang tidak senang dengan mode text. Oleh karena itu penulis mencoba menjembatani permasalahan yang ada dengan sebuah program dalam bahasa Perl/Tk. Nama programnya Camba2LDAP dan belum bersifat final karena masih banyak bugs yang harus ditambal. Script programmnya juga belum penulis upload- Nanti kalau sudah final ya..

Programnya berbasis GUI namun untuk menambah user baru tidak perlu mengeklik satu persatu opsi yang ada melainkan hanya dengan membuat sebuah file dengan extensi *.ldif seperti pada mode text kemudian file tersebut di-upload dan dieksekusi ke server OpenLDAP. Hasil dari penambahan atau pengurangan user dapat ditampilkan pada tombol query atau juga dapat memanggil program kaddressbook yang juga disediakan oleh program ini pada Menu Settings -> Address Book.

Simple bukan!

Berikut tampilan GUI dari Camba2LDAP.

camba2ldap

Perjalanan Ke Padang – Sumatera Barat

Perjalanan kali ini merupakan perjalanan setelah gempa di Padang. Gedung tempat dimana saya bekerja selama di Padang juga retak-retak. Mengerikan tapi tidak mengapa karena toh takdir ada di tangan yang Maha Kuasa. Perjalanan dinas kali ini ditemani oleh orang Malaysia karena spesifikasi kerja kami berbeda dengan 2 node yang berbeda juga.

Minggu depan kami berencana untuk ke Bukit Tinggi sama orang Malaysia itu (Jalan-jalan). Sayangnya saya tidak membawa kamera dan memang tidak ada rencana awal ke Padang. Kemungkinan minjam kamera teman-teman instalasi kali ya karena biasanya mereka bawa kamera saat kerjaan instalasi mereka selesai.

Rencana di Padang adalah untuk relokasi perangkat yang dulu sempat saya integrasikan (2 tahun lalu). Berikut adalah salah satu sudut gedung di Padang yang sempat diphoto oleh teman kami. Link ini adalah tulisan tentang perjalanan saya ke Padang October 2008.

bangunan

Padang - Sumatera Barat (tuesday-15 June 2010)