Akhirnya Bisa Punya Waktu Setup Email kawananu.com

Setelah sekian lama tidak sempat untuk setup mail server kawananu.com. Akhirnya hari ini saya sempat dan sudah berjalan dengan baik. Bagi siapa saja yang ingin berkorespondensi dengan saya bisa melayakankan email ke kari @ kawananu.com ( tanpa spasi).

Bagi yang mengirimkan e-mail dari gmail, silahkan untuk memeriksa direktori spam gmail anda karena email dari kawananu.com dikategorikan sebagai spam.

Menyalin keluaran dari linux command line ke sebuah file

Materi ini sebenarnya pernah saya tulis di buku saya yang berjudul ‘Debian GNU/Linux’ tapi saya tidak memiliki softcopy-nya lagi sekarang sementara hardcopy-nya ada di Bandung. Saat ini saya lagi ngoprek tentang Hadoop di atas mesin virtualisasi dan seluruh output-nya ingin saya simpan dalam bentuk logfile.

Di mesin server saya tidak ada X-Window sehingga seluruh aktifitas saya di Linux harus menggunakan command line.

Untuk menyimpan seluruh logfile dari command line dapat menggunakan perintah berikut:


debian:~# command | tee -a result.log

alternatif lain:


debian:~# command &> result.log

Bedanya adalah pada perintah pertama outputnya akan ditampilkan di layar monitor dan saat yang bersamaan juga tersalin ke result.log sementara perintah kedua tidak.

Tujuan saya sebenarnya perintah berikut:


debian:~# xl create -c HadoopDataNode.cfg | tee -a result.log

 

Harus sering-sering memantau statistik

Sebagai seorang engineer di dunia telekomunikasi terkadang kita harus sering memantau statistik untuk memastikan bahwa segala aktifitas perubahan yang dilakukan di perangkat telko tersebut tidak memberikan impact terhadap end user. Sebuah perangkat telekomunikasi harus memiliki tingkat availability 99.99 %.

Ini adalah salah satu perangkat software yang saya buat bersama dua orang kawan untuk menunjang aktifitas pekerjaan saya selama ini. Kami menggunakan Perl, expect, laravel, dan highcharts untuk menghasilkan software seperti berikut.

Sangat membantu karena penulis dapat memastikan tidak ada masalah dengan perangkat yang sedang kami modifikasi. Tidak terbayang berapa banyak orang akan komplain ke kami jika terjadi masalah setelah perubahan yang dilakukan ternyata membawa dampak pada sistem. Tentu saja revenue buat operator akan hilang dan kepercayaan masyarakat terhadap sebuah operator telekomunikasi juga akan berkurang dan beralih berlanggan ke operator lain.

Upgrade ke Debian Stretch (9)

Setelah beberapa tahun tidak bersentuhan dengan Debian lagi, pada hari ini saatnya saya meng-upgrade rilis debian server kawananu.com ke rilis terbaru yakni stretch (9). Sebagaimana ditulisan sebelumnya bahwa beberapa orang yang terlibat langsung membangkitkan server kawananu.com ada di tautan ini.

Repository-nya sendiri masih saya arahkan langsung ke ftp.debian.org karena kambing.ui.ac.id belum terupdate.

$ cat /etc/debian_version
9.0

8 Marine Terrace, Singapore

18-June-2017

Orang-orang yang berjasa di balik kebangkitan server kawananu

Tulisan sebelumnya sudah membahas bahwa saya kembali bisa ngeblog dan tulisan-tulisan lama bisa kembali ada di weblog ini. Beberapa tahun yang lalu, komputer server saya di ISP mengalami kerusakan akibat usia komputer tersebut memang sudah tua. Namun karena ISP tempat dimana saya melakukan collocation server di Makassar dan saya sendiri berdomisili tidak di Makassar sehingga cukup kesulitan untuk mengganti server tersebut. Baru di bulan Mei 2017 ini server kawananu kembali bisa mengudara dan melayani kebutuhan blog saya. Berikut orang-orang yang cukup berjasa mewujudkan server ini bisa aktif:

1. Fuad Reza Fachlevi – Adik Sepupu

2. Achmad Yusri Afandi – Sahabat

3. Pihak ISP – Bu Darmi dan Pak Warno